@Cbsowl

SM TOWN CONCERT in JAKARTA 2012

Waktu sudah menunjukkan pukul 6. Setengah 7 mereka menjanjikan untuk segera memulai konser. udara sangat panas, keringat terus bercucuran bak keran bocor. dikiri kanan depan belakang serong semuanya orang. kami semua bersentuhan satu dengan yang lain. jam 6.10 iklan iklan di LED sudah memulai terus menerus memutar sponsorship seperti RCTI dan juga POCARI SWEAT.

seperti di post sebelumnya yang sudah saya ceritakan, kita tidak diperbolehkan membawa minum. penyiksaan mental no 202 ada memutar iklan Pocari Sweat dengan JKT48 menari gembira dan meminum pocari sweat yang segar.. saya hanya mampu mendengar "I HATE YOUUUUUU I HATEEEE YOUUUU I HATE YOUUUUUU.." dibanding mendengar "i want you i need you i love you.." lyric dari heavy rotation..

tapi suasana di GBK tetap memanas. sangat panas.. bahkan lagu JKT48 pun mereka nyanyikan terus menerus karena tak sabar. saya pun tak kuat menahan haus. saya bahkan mengemis kepada orang didepan saya yang sedang minum air mineral. dengan tak tahu malunya "hmm,, saya boleh gak minta minumnya sedikitttt aja.." dan saya minum semulut penuh. wahahhahaha.. gak tahu diri. rasanya bangga sih dengan fans-fans kpop yang kaga alay. mereka baik-baik dan ramah. T-T pasti ini mereka lakukan untuk menjaga nama baik si artisnya. 

6.25 semua orang sudah berdesakan maju mendekati panggung. semua sudah panas. saya bisa merasakan excitementnya. bahkan merinding mengingat hari itu saat menulis ini. lampu utama GBK sudah dimatikan. semua orang sudah menjerit. 


6.30 seperti yang dijanjikan ( SEPERTI  YANG DIJANJIKAN DAN MEREKA ON TIME AMAZING ) panggung gelap dengan backsound lagu HOTSUMMER. Lalu kita bisa melihat 4 orang gadis memakai baju biru-biru dipanggung utama. mereka F(X). Semua orang berdesakan maju. Dan sama-sama ikut bernyanyi HOT SUMMER HOOOTT HOTTT SUMMER.. semua pun lupa akan keletihan mereka.. dan mengangkat semua light stick keudara.

setelah HOT summer kelar pun, gemuruh para penonton masih sangat keras. apalagi ini saatnya buat mereka perkenalan.. Victoria sang leader dari F(X) mulai mengucapkan hallo pada kami semua. lalu AMBER dengan gemuruh yang lebih keras lagi ( nampaknya AMBER sangat terkenal di Indonesia dibanding KRYSTAL ) setelah AMBER, Krystal lalu menyusul Luna. sayang sekali F(X) tidak lengkap personilnya. hanya ber4 saja dikarenakan SULLI sedang ada skejul untuk drama. perkenalan selesai, mereka langsung menyanyikan lagu PINOCCHIO ( danger ) dengan posisi masih di main stage. 

suasana yang masih TINGGI pun ditenangkan oleh kemunculannya KANGTA. dengan lagu slow, mellow, swallow. dan penonton mulai sedikit lebih tenang.

2 lagu ditembangkan oleh om KANGTA.. lagu terakhir dari KANGTA pun ditembangkan dengan 4 orang dancer dibelakangnya ( eh, ada yang mirip HAHA dari running man loh salah satu dancernya )

MAIN STAGE pun gelap, langsung backsound lagu like a G6 pun terdengar.. dan AMBER keluar dari main stage menuju panggung tengah.. cewe-cewek pun histeris.. disambut oleh rap dari KRIS EXO-M dia muncul dari kereta sayap festival A ( di daerah saya ini ) menuju panggung tengah.. lalu KEY shinee pun keluar juga dari kereta sayap festival B. he kept headbangin.. looked like he havin a lot of good time. :D



blackout lagi. tiba-tiba keluar 2 cewe kaya bidadari dari mainstage.. JUNG SISTER yang adalah Jessica Jung dari SNSD dan Krystall Jung dari F(X) yang langganan menyanyikan california gurl nya mbak KATY PERRY.. dengan baju-baju yang bikin giung para penonton. mereka berhasil menyuguhkan tembak ini dengan apik.


black out lalu sayup-sayup terdengar suara lagu bang Bruna Mars. spotlight muncul menuju changmin TVXQ yang sedang ada di kereta yang menuju daerah TRIBUN.. penonton kembali menjerit. dari LED saya melihat KYUHYUN dari SUPER JUNIOR pun muncul sambil dadah-dadahan ke penonton dari kereta dari arah satunya lagi. wow.. mereka menembangkan lagu JUST THE WAY YOU ARE. hampir menuju ke stage tengah. kita kaget karena ada seorang cewe yang sedang duduk. OMG> ternyata cewek itu dari penonton festival B. semua histeris saat KYUHYUN dan CHANGMIN nyamper mbak-mbak ini. bahkan air matanya pun diusap sama changmin. MERINDING DISKO!!! lagu ini diakhiri dengan mereka berpelukan kaya teletabis sambil lompat-lompat. 

dari mainstage depan LED muncul lah EUNHYUK juga DONGHAE dari SUPERJUNIOR menyanyikan lagu oppa oppa. sangat semagat loh lagunya.. sangat bikin atmosphere di GBK terangkat lagi karena sebelum atmosphere geram oleh cewe paling beruntung hari itu yang dipeluk.

jujur, saya disini udah cape berdiri dan menunggu kapan ini SNSD keluar. karena udah ampir setengah jam belum juga muncul-muncul. baru Jessica nya doank.

EXO pun keluar menyanyikan 2 tembang sekaligus dengan bahasa yang campur aduk. bahasa korea dan mandarin di satuin jadi satu. karena jujur saja saya baru tahu hari itu. kalo EXO ini terbagi menjadi 2 grup. EXO K dan EXO M. EXO K dari Korea dan EXO M dari MANDARIN. dalam hati menarik juga ini grup nya. ya selayaknya cewe-cewe normal dibanding bengong saya sibuk milihin yang kece dan menarik hati yang mana. saat yang lucu adalah saat mereka mulai perkenalan. ada yang lihat contekan bahasa indonesia. baik banget mereka belajar menyapa dengan bahasa indonesia.. mereka mengawali lagu dengan hits mereka yang History ditutup dengan lagu MAMA. 

BLACKOUT. sayup-sayup saya mendengar backsound lagu ROCK. dan saya tahu ini siapa. 

ini.

TAEYEON!!!! KYAAAAAAAAAAAAAAAAAA~
devil's cry pun ditembangkan.. sebagai awal pembuka untuk SNSD muncul sebelum menembakan lagu RUN DEVIL RUN..

saya sempat menitikkan air mata, NORAKKKK.. biarlah. karena saya gak percaya ini terjadi. terlalu.. terlalu keren ini. saya berada di tengah crowd pecinta kpop ( yang dulunya gak suka kpop ) saya berada disini!!! 
TAEYEON bikin semua cowok-cowok menjerit. 

baru nulis segini aja udah capek logh sungguh. haha..

setelah TAEYEON dengan lagu ini pun tiba-tiba langsung dengan cepat disambut dengan lagu RUN DEVIL RUN. dengan formasi komplit ke 9nya ada di depan panggung. walaupun terlihat TAEYEON lari-lari cantik untuk masuk ke barisan.

setelah lagu ini dikumandakan dengan sempurna, mereka perkenalan dengan bahasa Indonesia. sangat cute banget. di hari yang sama dengan konser ini, HYOYEON lead dancernya SNSD pun berulangtahun. dan satu GBK dan SNSD menyanyikan lagi HAPPY BIRTHDAY bersama-sama. wow. katanya sih doski terharu gitu deh. setelah perkenalan mereka langsung menyanyikan lagu GENIE.

semua sone bahkan yang tau SNSD pasti tau lagu ini ada lirik "DJ PUT IT BACK ON!!!" yang diteriakkan oleh tiffany. jadi seluruh GBK sangat menantikan TIFFANY menjeritkan nama negara kita di jeritkan. "INDONESIAAAAAA PUT IT BACK ON!!!" saat dia teriak pun... GBK pun kembali bergemuruh.

langsung setelah disuguhi Genie kita disambut lagi dengan F(X) dengan super junior ( eunhyuk, Donghae, Leeteuk, Shindong ) lagunya jujur ini pertama kali saya dengar tapi lucu juga. saat eunhyuk ngerap tiba-tiba dari panggung agak tengah muncul SIWON dengan super karismatik dan gantengnya. hanya dengan jeans dan kemeja putih. super terkesima. ya konstan laaaa cewek-cewek pada menjerit.

setelah itu akhirnya muncul SHINee tapi tanpa MINHO karena kesibukkannya juga dalam membuat drama. jadi digantikan oleh LUHAN dari EXO

SHINee feat. Luhan - Lucifer

Super Junior - Superman

Super Junior - Don’t Don

SHINee - Ring Ding Dong

Super Junior - Bonamana

SHINee - Juliette

SHINee - Love Like Oxygen

Ryeowook and Chen - Missing You

TTS - Twinkle
sayup-sayup setelah melihat Ryeowook dan Chen Dari EXO M berkeliling dengan kereta.. terdengat jeritan cewe.  "AWW.. the twinkle.. twinkle..." semua sone pun menjerit. karena sub unit snsd muncul dengan hits mereka.. mengambil tempat di mainstage. mereka menari dan menyanyi dengan seperti biasanya. PERFECT. apalagi saat bagian SEOHYUN menjerit. semua GBK menjerit karena dia berhasil mengambil nada tingginya.

TTS and EXO (DO, Luhan, Sehun and Chanyeol) - DJ Got Us Falling In Love Again
black out 3 detik setelah lagu twinkle. Tiffany sudah berada di sayap kiri di daerah festival A. bersiap berkeliling dengan baju yang juga berganti ( kayanya cuman nambah jacket cmn ketara banget bedanya dari twinkle ) sedangkan Taeyeon serta SEO berada di sebelah kanan di daerah festival B. berkeliling menyayikan lagu jebolannya USHER bersama-sama dengan EXO..

SM Dance Battle (Yunho, Eunhyuk, Taemin, Hyoyeon, Yuri, Yoona, Kai, Tao and Victoria)

BoA - Hurricane Venus


BoA - Not Over You

BoA - The Shadow

Super Junior - Sorry Sorry

Super Junior M - Perfection (Korean ver.)

Super Junior - A-CHa

SNSD - Mr. Taxi

Jonghyun and Taemin - Internet War

TVXQ - Maximum

TVXQ - Mirotic

TVXQ - Keep Your Head Down

SNSD kembali lagi. tapi sayang sekali kami yang di festival sama sekali gak bisa melihat mereka. dengan kostum yang sangat kasual. dengan kaos polos putih dan celana pendek serta sepatu sneaker putih berheels.karena mereka ada di stage paling depan menghadap ke VIP terpaksa deh harus melihat dari LED. Beberapa kali saya melihat Taeyeon sibuk dengan earphone di kupingnya. entah kenapa. tapi sambil sibuk seperti itu dia tetep keep up menari dengan member lainnya.

Setelah kelar menyanyi GEE. tiba-tiba SEOHYUN menyanyi "DU..DUDUDU..." lalu melemparkan mic nya ke penonton. serentak penonton menjerit "KISSING YOU BABY......." lalu ia mengulang lagi dengan "DU DU DUDUDUUUU.........." lalu serentak penonton menjerit lagi "LOVING YOU BABYYYYY..." lalu saat lagu mulai mereka menyebar naik kereta dan lainnya, untuk menyapa seluruh penonton. Saat itu anggota SNSD yang paling dekat ke arah FESTIVAL A adalah Jessica Jung.


Super Junior - Dancing Out

BoA and Taemin - Only One

f(x) - Electric Shock

SHINee - Sherlock

SNSD - The Boys

Super Junior (w/o Leeteuk) - Sexy, Free and Single

TVXQ - Rising Sun

All Artists - Hope

overall. the concert was super duper awesome. SM TOWN is really worth it to watch. sangat entertaining. apalagi kalau kamu-kamu pecinta KPOP. saya sangat lupa setelah disuguhi 4 jam KONSER KPOP kalau saya sudah mengantri selama 12 jam, dehidrasi tanpa air minum, satu hari full tanpa makan berat masuk ke perut.

tapi ternyata perjuangan belum berakhir setelah mereka melakukan aksi penutup. keluar dari venue sama loh perjuangannya. ngantri dengan sampah membanjiri di setiap pijakan. sangat jorok. omg~ semoga para team and crew serta artis-artisnya gak lewat apa yang sudah kami lewati. karena baunya, jijiknya. kita udah gak tau lagi apa lagi yang udah kami injek.

kurang lebih 1 setengah kami bisa keluar dari venue. saya pun sudah tertidur-tidur cantik selama di mobil. dibangunkan beberapa kali karena harus bayar tol. dikarenakan saya adalah navigator dan juga bendahara. walau tertidur cuman sebentar-sebentar tetapi hati bahagia. karena Hati sangat terpuaskan.. meluap sampai keubun-ubun. semuanya cantik-cantik walau dilihat pakai mata kepala sendir *ya mostly kan artis-artis kek cmn bagus di photo / layar kaca saja* ini cantik dan ganteng-ganteng. *faint*

dengan blog ini saya mengucapkan terima kasih kepada W Production. karena sudah berani mengundang SMTOWN ke Indonesia. sayang aja sih, harusnya lebih terorganisir. karena jujur sepanjang acara sukses dikarenakan team dari KOREA nya sangat perfect. sedangkan bagian masuk dan keluar venue gak ada arahan yang jelas dari panitia. hiks. domplang banget. beberapa saya lihat di twitter setelah acara. banyak banget loh penonton yang rela jauh-jauh dari luar negri datang ke SMTOWN ini. dan Indonesia gak memberi kesan yang oke banget buat disamper lagi. banyak yang mengeluh dan kesal. karena setelah kita merelakan minuman kami, ternyata di dalam venue ada yang jualan minuman. ketara banget cari uangnya. macet nya pun gak kalah menjadi kesan yang melekat di hati.

Cheers,
dengan jemari yang lelah mengetik tapi merindukan SMTOWN2012
good bye

ps : photos taken by my friend ERIC CHRISTIAN ( a.k.a ERIC NOAH )
video taken by me

2 comments

  1. woaahh pengen euy liat taeyeon nyanyi langsung!! kapan ini ya solo concert snsd di indo T.T btw, ini gambarnya emang ilang tandas banget yah? hehe..

    ReplyDelete
  2. @sabilablabla

    denger punya denger sih GG TOUR III bakal ke indo. but we'll see.

    hilang kandas lenyap..
    begitu pula napsuku untuk ngblog2 lagi.

    ReplyDelete

i'd love to hear your thought :D